NewJelajahi Kompas.com Bersama Teman-Teman Facebook AndaLearn more Kembali ke Index Topik Pilihan Pulau dan Pantai, Andalan Wisata Pesisir Selatan Penulis : Ni Luh Made Pertiwi F | Minggu, 10 Juni 2012 | 16:18 WIB Dibaca: 924Komentar: 0 | Share: Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F.

Wisatawan tengah asyik memandangi panorama kota Painan dari Bukit Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
TERKAIT:
Keelokan Pesisir Selatan Tak Didukung Hotel Berbintang
Wisata Pesisir Selatan Mulai Tersingkap
Anak Pintar, Yuk Wisata ke Mekarsari…
Memacu Sepeda dari Sawahlunto
Wisata Religi ke 6 Gua Maria di Pulau Jawa
PAINAN, KOMPAS.com – Sesuai namanya, Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, letaknya berada di tepian laut dan memiliki pulau-pulau besar maupun kecil tak berpenghuni. Kekayaan bahari dan pantai pun menjadi andalan wisata di kabupaten ini.

“Pesisir Selatan punya 57 pulau. Pulau besar ada 17. Sisanya pulau-pulau kecil dan pulau-pulau tak berpenghuni,” kata Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Nasrul Abit kepada Kompas.com usai etape 6 Pariaman-Painan pada ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Painan, ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (9/6/2012).

Beberapa pulau, lanjutnya, merupakan pulau tempat penyu-penyu bertelur. Ada kawasan yang menjadi tempat penangkaran penyu. Pihaknya pun ingin mengembangkan tempat penangkaran penyu sebagai obyek wisata berbasis lingkungan.

Dari 57 pulau di Kabupaten Pesisir Selatan, ada beberapa pulau yang memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Cubadak, Pulau Karabak, Pulau Pulau Babi, dan Pulau Cingkuak. “Seperti Pulau Cubadak, sudah terkenal. Ramai kunjungan dari bulan Juli sampai Januari biasanya bisa full. Kebanyakan turis dari Eropa, karena pengelolanya orang Italia. Jadi banyak turis dari Belanda dan Perancis,” jelas Nasrul.

Ia menuturkan Pulau Cubadak merupakan salah satu dari sepuluh destinasi wisata yang sering dikunjungi Sumatera Barat. Selain Pulau Cubadak, andalan lainnya adalah Bukit Langkisau. Dari bukit ini, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Painan dan daerah Pesisir Selatan dari ketinggian.

Letak Bukit Langkisau berada di 300 meter di atas permukaan laut. Bentuk bukit dan angin di kawasan ini, menjadikan Bukit Langkisau cocok sebagai tempat paragliding. Sayangnya, ungkap Nasrul, belum ada penginapan di kawasan ini.

“Homestay pun tidak ada di Bukit Langkisau. Memang kekurangan Pesisir Selatan adalah kurangnya hotel,” jelas Nasrul.

Ia menambahkan akses menuju Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang hanya ada satu jalan. Perlu waktu tempuh sekitar dua jam dari Padang menuju Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan. Pihaknya berencana menambah akses-akses lain seperti akses dari Pesisir Selatan menuju Solok dan akses dari kawasan wisata Mandeh ke Padang.

Editor :I Made Asdhiana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s