7 potret “ISBD”

1. Keindahan

Keindahan berasal dari kata indah yang artinya sesuatu yang enak dipandang, dilihat dan dirasakan oleh seseorang. Biasanya keindahan itu didefenisikan untuk alam, bunga, pelangi bahkan manusia. Keindahan untuk sesuatu hal tidak memiliki suatu standar karena tergantung orang yang melihat dan merasakannya. Seperti halnya alam semesta yang diciptakan oleh Allah SWT dengan sangat indah dan keelokannya.

Keindahan juga bisa dirusak atau hilang nilainya karena ulah tangan manusia. Pada manusia keindahan biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang cantik/tampan, langsing, seksi, imut, manis atau memiliki senyum yang indah, mata yang indah, hidung yang mancung. Tetapi bagi orang mukmin keindahan adalah orang yang saleh dan baik hatinya, sopan tutur katanya, mulia akhlaknya, lemah lembut, rendah hati, serta menutup auratnya. Keindahan itu bisa tumbuh atau datang dari diri kita sendiri atau dalam diri individu.

Orang-orang sererti itulah yang indah dimata Allah SWT, karena keindahan tidak hanya dilihat secara kasat mata tapi terpancar dari dalam diri manusia tersebut.

2. Cinta Kasih

Cinta kasih adalah suatu sifat yang pasti ada dalam diri manusia, karena Allah SWT telah menciptakan manusia dengan rasa cinta, kasih, dan sayang. Sekeras apapun, sejahat apapun, sekejam apapun, seseorang pasti didalam hati kecilnya tersimpan rasa cinta, kasih, dan sayang.

Ada pepatah yang menyebutkan tak kenal maka tak sayang, tak sayang makanya tak cinta, maka kenalilah yang ada disekitar kamu dan cinta kasih akan tumbuh, datang atau timbul dengan sendirinya.

Cinta kasih biasanya diberikan kepada orangtua, kakak/adik, keluarga, teman, pacar, dan yang terpenting kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita.

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sikap yang harus dimiliki oleh seseorang atau individu. Apapun pekerjaan yang kita lakukan harus bisa dipertanggung jawabkan. Dalam tanggung jawab itu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :
1. Kejujuran seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan
2. Keberanian seseorang dalam mengambil resiko atas pekerjaan yang dilakukannya
3. Harus siap melaporkan hasil pekerjaannya sendiri
4. Melakukan pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan kemampuannya sendiri dan bersungguh-sungguh sehingga tidak ada pihak lain yang merasa dirugikan ataupun dibohongi.

Setiap manusia pastilah pernah melakukan kesalahan atau sesuatu hal yang sudah diperbuat dan harus dipertanggung jawabkan oleh manusia itu sendiri.

4. Keadilan

Keadilan berasal dari kata adil yang artinya tidak berat sebelah, sama rata/menempatkan sesuatu pada porsinya. Kita harus adil baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Keadilan di Indonesia sudah sangat memprihatinkan,keadilan di Indonesia merupakan cerminan dari sikap keadilan masyarakat atau individu di Negara ini. Jika sikap keadilan dalam diri seseorang tidak ada maka hal itu akan berdampak pada diri sendiri, keluarga, teman-teman, masyarakat sekitar, dan mencakup keseluruhannya.

Manusia harus memiliki sikap adil dan jika tidak akan merugikan diri nya sendiri dan orang lain. Seperti hal nya dalam memproses kasus gayus tambunan. Jika gayus mempunyai sikap keadilan maka ia tidak akan memberi suap kepada petugas hanya untuk melihat turnamen olympiade, begitupun dengan petugas jika ia memiliki rasa keadilan maka ia tidak akan menerima suapan tersebut.

5. Penderitaan

Penderitaan suatu sifat atau keadaan yang dimiliki oleh seseorang atau individu dimana ia merasakan tidak adanya kebahagiaan didalam hidupnya, yang dia rasakan hanya rasa sedih, pilu, merana terhadap semua halyang telah menimpanya.

Biasanya orang yang merasakan penderitaan adalah orang-orang yang putus asa atau tidak mau bangkit dari keterpurukannya, yang ada mereka hanya mengeluh akan nasib dan penderitaan yang mereka alami.

6. Kegelisahan

Kegelisahan adalah suatu sifat manusia atau individu yang tidak memiliki rasa ketenangan dalam hatinya. Hal tersebut dikarenakan adanya pikiran yang mereka rasakan yang dapat mengancam atau membahayakan diri, keluarga, atau orang-orang yang mereka sayangi.

Seseorang merasakan kegelisahan hendak melakukan sesuatu hal atau kesalahan dan takut orang lain mengetahuinya. Orang-orang yang hatinya selalu gelisah mudah dipengaruhi oleh pikiran-pikiran jahat sehingga mudah depresi, putus asa bahkan ada yang sampai bunuh diri.

7. Harapan

Harapan adalah suatu keinginan yang selalu dimiliki oleh setiap seseorang atau individu dan berusaha untuk mencapai keinginan tersebut.

Biasanya seseorang yang memiliki harapan terlalu besar dan harapannya tersebut tidak tercapi maka mereka akan merasakan kekecewaan. Jadi, sebagai manusia kita boleh bermimpi atau berharap harus diiringi oleh ikhtiar, doa, dan usaha agar apa yang kita harapkan bias tercapai dan jikapun tidak kita tidak boleh merasakan kekecewaan atau putus asa.

8. Pandangan Hidup

Pandangan hidup adalah suatu sifat atau perencanaan seseorang atu individu untuk masa yang akan datang/hari esok agar lebih baik dari hari ini atau kemaren.

Biasanya seseorang berusaha agar hidupnya lebih baik dimasa depan dan ia belajar dari kesalahan masa lalu .

Orang-orang yang memiliki pandangan hidup adalah orang-orang yang tidak pernah putus asa dan orang-orang yang pernah merasakan kegagalan, dari kegagalan itulah itulah orang tersebut termotivasi untuk lebih baik dan berhasil dimasa yang akan datang. Biasanya orang seperti ini memiliki perencanaan yang matang, tanggung jawab dan gigih agar keinginannya bisa tercapai. Orang-orang yang memiliki pandangan hidup seperti ini adalah orang-orang yang akan “SUKSES”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s